Panduan Praktis Mengelola Event

Mengelola sebuah event sebetulnya merupakan pengetahuan yang penting bagi semua orang. Meski tak ingin menekuninya sebagai bisnis, dalam kegiatan sosial pun sesekali kita pasti perlu melaksanakan acara. Selintas, menyelenggarakan event bisa terkesan gampang. Padahal pada tataran praktisnya tak semua orang mampu melakukannya. Dibutuhkan perencanaan yang detil serta pengetahuan dan keterampilan teknis.

Sofie Beatrix melalui bukunya ingin ‘menuntun’ para pemula dalam penyelenggaraan event. Ia memberikan penjelasan mulai dari tahapan ide, menyusun komposisi kru, menggerakkan tim, hingga urusan lobi dan proposal. Sofie yang saat ini menjabat Client Relation Manager di Lembaga Pendidikan Ratih Sang, menuturkan langkah-langkah aplikatif dalam buku ini.

Sofie tampaknya sengaja bertutur dengan ringan dan rileks sehingga seluk beluk dunia organizer menjadi lebih mudah dipahami dan dilaksanakan. Anda yang tak terbiasa membuat proposal atau surat perjanjian, bakal menemui contoh-contoh yang bisa disesuaikan dengan konteks urusan masing-masing. Kiat menyusun budgeting dan kunci-kunci agar perhelatan menghasilkan profit yang lumayan, ada dalam buku ini. Penulis juga melengkapi CD yang berisi rundown acara, desain acara, proposal, dan tips menarik sponsor besar. Buku ini cocok dibaca bagi semua kalangan yang hendak belajar mengelola event mulai dari remaja hingga dewasa.
Sebagai alumnus psikolog, penulis juga jeli membahas pentingnya kita menimbang kondisi kejiwaan segmen yang dituju. Dari mulai pemilihan kata untuk tema acara, kita sudah harus teliti. Sofie memberikan contoh-contoh kasus bagaimana persoalan pemilihan kata untuk tema ini bisa sangat berpengaruh dalam sukses tidaknya sebuah acara.

Sebuah event yang bagus bisa memiliki gema dengan bantuan media massa. Karenanya aspek publikasi menjadi hal yang penting diperhatikan agar kerja keras kita pun bisa ‘berusia’ lebih panjang. Tapi dalam mengundang media pun, kita harus jeli memilih media yang pemberitaan atau segmen pembacanya memang cocok dengan event yang kita selenggarakan. Buku ini juga memberikan tips bagaimana memanfaatkan media, baik sebelum acara berlangsung maupun sesudahnya. Pemilihan promosi melalui media massa yang tidak tepat, justru membuat acara tak dilirik orang. Dan tentu saja ini yang dihindari semua penyelenggara.

Meskipun belum berpengalaman, kita selalu bisa menimba ilmu dari pengalaman orang lain. Untungnya masih banyak orang seperti Sofie yang murah hati dalam berbagi pengalaman bagi pemula.

ILove to Organize: Panduan Praktis Mengelola Event
Sofie Beatrix

Penulis : bigmama enterprise ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel Panduan Praktis Mengelola Event ini dipublish oleh bigmama enterprise pada hari Jumat, 23 Maret 2012. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan Panduan Praktis Mengelola Event
 

0 komentar:

Posting Komentar